A. Pengertian
Penelitian Tindakan Kelas
Penelitian tindakan kelas
adalah penelitian yang dilakukan oleh guru di kelasnya dengan cara (1)
merencanakan, (2) melaksanakan, (3) merefleksikan tindakan secara kolaboratif
dan partisipatif dengan tujuan memperbaiki kinerjanya sebagai guru, sehingga
hasil belajar siswa dapat meningkat
Terkait dengan penelitian
tindakan kelas ( PTK ) ini, ada beberapa rumusan defini PTK yang perlu
dipahami, yaitu :
a.
Hopkins
( 1993 ) : PTK adalah suatu bentuk kajian yang bersifat reflektif, yang
dilakukan oleh pelaku tindakan untuk meningkatkan kemantapan rasional dari
tindakan-tindakannya dalam melaksanakan tugas dan memperdalam pemahaman
terhadap kondisi dalam praktik pembelajaran
b.
Kemmis
dan Mc. Taggart (1988) : PTK adalah studi yang dilakukan untuk memperbaiki diri
sendiri, pengalaman, kerja sendiri yang dilaksanakan secara sistematis,
terencana, dan dengan sikap mawas diri.
c.
Rochman
Natawijaya (1997) : PTK adalah pengkajian terhadap permasalahan praktis yang bersifatnsituasional
dan kontekstual, yang ditujukan untuk menentukan tindakan yang tepat dalam
rangka pemecahan yang dihadapi, atau memperbaiki sesuatu.
d.
Suyanto
(1997) : PTK adalah suatu bentuk kajian yang bersifat reflektif dengan
melakukan tindakan-tindakan tertentu agar dapat memperbaiki dan atau
meningkatkan praktik-praktik pembelajaran di kelas secara profesional
e.
Tim
PGSM (1999) : PTK sebagai suatu bentuk kajian yang bersifat reflektif oleh
pelaku tindakan yang dilakukan untuk meningkatkan kemantapan rasional dari
tindakan mereka dalam melaksanakan tugas, memperdalam pemahaman terhadap
tindakan-tindakan yang dilakukan, serta memperbaiki kondisi dimana praktik
pembelajaran tersebut dilakukan.
Dari kelima rumusan di atas dapat
ditemukan kata-kata kunci yang terkait dengan PTK, yakni :
a.
PTK bersifat reflektif
Maksudnya
adalah PTK diawali dengan proses perenungan atas dampak tindakan yang selama
ini dilakukan guru terkait dengan tugas-tugas pembelajaran di kelas. Dari
perenungan ini diketauhi apakan tindakan yang selama ini telah dilakukan telah
berdampak positif dalam pencapaian tujuan pembelajaran atau tidak.
b.
PTK dilakukan oleh pelaku
tindakan
Maksudnya
adalah PTK dirancang, dilaksanakan, dan dianalisis oleh guru yang bersangkutan
dalam rangka ingin memecahkan masalah pembelajaran yang dihadapinya dikelas.
Kalaupun dilakukan secara kolaboratif, pelaku utama PTK tetap guru yang
bersangkutan
c.
PTK dilakukan untuk
meningkatkan kualitas pembelajaran
Maksudnya
adalah dengan PTK ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas berbagai aspek
pembelajaran sehingga kompetensi yang menjadi target pembelajaran dapat
tercapai secara maksimal (efektif dan efisien )
d.
PTK dilaksanakan secara
sistematis, terencana, dengan sikap mawas diri
Maksudnya
adalah setiap langkah yang dilakukan dalam PTK harus dilakukan dengan
terprogram dan penuh kesadaran sehingga dapat diketuhi aspek-aspek mana yang
perlu ditingkatkan dan diperbaiki demi ketercapaian kompetensi yang di
targetkan.
e.
PTK bersifat situasional
dan kontekstual
Maksudnya
adalah PTK selalu dilakukan dalam kondisi dan situasi tertentu, untuk kelas dan
topik mata pelajaran tertentu sehingga simpulan atau hasiknyapun hanya
diarahkan pada konteks yang bersangkutan, bukan untuk konteks yang lain
B.
TUJUAN PENELITIAN
TINDAKAN KELAS
Penelitian
tindakan kelas atau PKT bertujuan unuk meperbaiki dan meningkatkan kualitas
pembelajaran serta membantu memberdayakan guru dalam memecahkan masalah
pembelajaran disekolah.
Pada sisi
lain, PTK akan memndorong para guru memikirkan apa yang mereka lakukan
sehari-hari dalam menjalankan tugasnya.
C. MANFAAT
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
Banyak
manfaat yang dapat dipetik dari pelaksanaan PTK, antara lain :
1.
Meningkatkan
kompetensi guru dalam mengatasai masalah pembelajaran yang menjadi tugas
utamanya
2.
Meningkatkan
sikap profesional guru
3.
Meningkatkan
rasa percaya diri guru
4.
Memungkinkan
guru secara aktif mengembangkan pengetahuan dan keterampilannya.
5.
Terjadi
perbaikan dan atau peningkatkan kinerja belajar dan kompetensi siswa
6.
Terjadi
perbaikan dan atau peningkatan kualitas proses pembelajaran dikelas
7.
Terjadi
perbaikan dan atau peningkatan kualitas penggunaan media, alat bantu belajar
dan sumber belajar lainnya
8.
Terjadi
perbaikan dan atau peningkatan prosedur dan alat evaluasi yang digunakan untuk
mengukur proses han hasil belajar siswa
9.
Terjadi
perbaikan dan atau pengembangan pribadi siswa di sekolah
10.
Terjadi
perbaikan da atau peningkatan kualitas penerapan kurikulum
Selain
manfaat di atas, PTK juga memiliki manfaat khusus, antara lain :
1.
Menumbuhkan kebiasaan
menulis
Dengan
melakukan PTK, guru menjadi terbiasa menulis, dan snagat bak dampaknya terutama
bila guru di sekolah negri atau PNS akan naik pangkat, kususnya dari gol IV/A
ke IV/B, karena guru diharuskan menulis karya tulis. Begitu pun bagi guru
sekolah swasta, PTK sangat penting untuk meningkatkan apresiasi dan
profesionalisme guru dalam mengajar, apalagi dengan adanya program sertifikasi
guru dari pemerintah
2.
Menumbuhkan budaya
meneliti
Selain itu,
PTK akan menumbuhkan budaya meneliti di kalangan guru yang merupakan dampak
dari pelaksanaan tindakan secara keseluruhan yaitu label inovasi pendidikan
karena para guru semakin memberdayakan untuk mengambil berbagai prakarsa
profesional secara lebih mandiri. Sikap mandiri akan memicu lahirnya percaya
diri untuk mencoba ha-hal baru yang diduga dapat memicu menuju perbaikan sistem
pembelajaran. Sikap ingin selalu mencoba akan memicu peningkatan kinerja dan
profesionalisme seorang guru secara berkesinambungan. Sehingga proses belajar
sepanjang hayat terus terjadi pada dirinya.
3.
Menggali ide baru
Setiap hari
guru menghadapi banyak masalah, seakan-akan masalh itu tidak ada habisnya. Oleh
karena itu bila guru tidak dapat menemukan masalah untuk PTK sungguh ironis.
Untuk itu kita harus mendapatkan khasanah ilmu pendidikan baru yang belum
tergali.
4.
Melatih pemikiran ilmiah
Adanya
masalah yang dirasakan sendiri oleh guru dalam pembelajarahn di kelasnya
merupakan awal dimulainya PTK. Masalah tersebut dapat berupa masalah yang
berhubungan dengan proses dan hasil belajar siswa yang tidak sesuai dengan
harapan guru atau hal-hal lain yang berkaitan dengan prilaku mengajar guru dan
perilaku belajar siswa.
5.
Mengembangkan
keterampilan
Tujuan utama
PTK adalah mengubah prilaku pengajaran guru, perilaku peserta didik di kelas,
peningkatan atau perbaikan praktik pembelajaran kelas atau mengubah kerangka
kerja pelaksanaan kelas yang diajar oleh
guru tersebut sehingga terjadi peningkatan layanan profesional guru dalam
menangani proses belajar. Jadi PTK lazimnya dimaksudnkan untuk mengembangkan
keterampilan atau pendekatan baru pembelajaran dan untuk memecahkan masalah
dengan penerapan langsung di ruang kelas.
6.
Meningktakan kualitas
pembelajaran kelas
PTK berfungsi
sebagai alat untuk meningkatkan kkulaitas pembelajaran di kelas. Di ruangan kelas,menurt
Cohen dan Manion ( 1980 : 211 ), PTK
dapat berfungsi sebagai :
a.
Alat
untuk mengatasi masalah-masalah yang di diagnosis dalam situasi pembelajaran di
kelas
b.
Alat
pelatihan jabatan, membekali guru dengan keterampilan dan metode baru serta
mendorong timbulnya kesadaran diri, khususnya ,elalui pengajaran sejawat
c.
Alat
untuk memasukkan pendekatan tambahan atau inovasi ( secara alami ) kedalam
sistem yang ada
d.
Alat
untuk eningklatkan komunikasi yang biasanya buruk antar guru dengan peneliti
e.
Alat
untuk menyediakan alternatif bagi pendekatan yang subjektif, impresionistik
terhadap pemecahan masalah kelas
f.
Alat
untuk mengembangkan keterampilan guru yang bertolak dari kebutuhan untuk
menanggulangi berbagai permasalahan pembelajaran aktual yang dihadapu kelasnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar