orange ku

orange ku
AKU MENYUKAI WARNA ORANGE

Kamis, 04 April 2013

PENELITIAN TINDIKAN KELAS



A.     Pengertian Penelitian Tindakan Kelas
Penelitian tindakan kelas adalah penelitian yang dilakukan oleh guru di kelasnya dengan cara (1) merencanakan, (2) melaksanakan, (3) merefleksikan tindakan secara kolaboratif dan partisipatif dengan tujuan memperbaiki kinerjanya sebagai guru, sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat
Terkait dengan penelitian tindakan kelas ( PTK ) ini, ada beberapa rumusan defini PTK yang perlu dipahami, yaitu :
a.         Hopkins ( 1993 ) : PTK adalah suatu bentuk kajian yang bersifat reflektif, yang dilakukan oleh pelaku tindakan untuk meningkatkan kemantapan rasional dari tindakan-tindakannya dalam melaksanakan tugas dan memperdalam pemahaman terhadap kondisi dalam praktik pembelajaran
b.         Kemmis dan Mc. Taggart (1988) : PTK adalah studi yang dilakukan untuk memperbaiki diri sendiri, pengalaman, kerja sendiri yang dilaksanakan secara sistematis, terencana, dan dengan sikap mawas diri.
c.         Rochman Natawijaya (1997) : PTK adalah pengkajian terhadap permasalahan praktis yang bersifatnsituasional dan kontekstual, yang ditujukan untuk menentukan tindakan yang tepat dalam rangka pemecahan yang dihadapi, atau memperbaiki sesuatu.
d.         Suyanto (1997) : PTK adalah suatu bentuk kajian yang bersifat reflektif dengan melakukan tindakan-tindakan tertentu agar dapat memperbaiki dan atau meningkatkan praktik-praktik pembelajaran di kelas secara profesional
e.         Tim PGSM (1999) : PTK sebagai suatu bentuk kajian yang bersifat reflektif oleh pelaku tindakan yang dilakukan untuk meningkatkan kemantapan rasional dari tindakan mereka dalam melaksanakan tugas, memperdalam pemahaman terhadap tindakan-tindakan yang dilakukan, serta memperbaiki kondisi dimana praktik pembelajaran tersebut dilakukan.
Dari kelima rumusan di atas dapat ditemukan kata-kata kunci yang terkait dengan PTK, yakni :
a.         PTK bersifat reflektif
Maksudnya adalah PTK diawali dengan proses perenungan atas dampak tindakan yang selama ini dilakukan guru terkait dengan tugas-tugas pembelajaran di kelas. Dari perenungan ini diketauhi apakan tindakan yang selama ini telah dilakukan telah berdampak positif dalam pencapaian tujuan pembelajaran atau tidak.


b.         PTK dilakukan oleh pelaku tindakan
Maksudnya adalah PTK dirancang, dilaksanakan, dan dianalisis oleh guru yang bersangkutan dalam rangka ingin memecahkan masalah pembelajaran yang dihadapinya dikelas. Kalaupun dilakukan secara kolaboratif, pelaku utama PTK tetap guru yang bersangkutan
c.         PTK dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
Maksudnya adalah dengan PTK ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas berbagai aspek pembelajaran sehingga kompetensi yang menjadi target pembelajaran dapat tercapai secara maksimal (efektif dan efisien )
d.         PTK dilaksanakan secara sistematis, terencana, dengan sikap mawas diri
Maksudnya adalah setiap langkah yang dilakukan dalam PTK harus dilakukan dengan terprogram dan penuh kesadaran sehingga dapat diketuhi aspek-aspek mana yang perlu ditingkatkan dan diperbaiki demi ketercapaian kompetensi yang di targetkan.
e.         PTK bersifat situasional dan kontekstual
Maksudnya adalah PTK selalu dilakukan dalam kondisi dan situasi tertentu, untuk kelas dan topik mata pelajaran tertentu sehingga simpulan atau hasiknyapun hanya diarahkan pada konteks yang bersangkutan, bukan untuk konteks yang lain
B.        TUJUAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS
Penelitian tindakan kelas atau PKT bertujuan unuk meperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran serta membantu memberdayakan guru dalam memecahkan masalah pembelajaran disekolah.
Pada sisi lain, PTK akan memndorong para guru memikirkan apa yang mereka lakukan sehari-hari dalam menjalankan tugasnya.
C.       MANFAAT PENELITIAN TINDAKAN KELAS
Banyak manfaat yang dapat dipetik dari pelaksanaan PTK, antara lain :
1.         Meningkatkan kompetensi guru dalam mengatasai masalah pembelajaran yang menjadi tugas utamanya
2.         Meningkatkan sikap profesional guru
3.         Meningkatkan rasa percaya diri guru
4.         Memungkinkan guru secara aktif mengembangkan pengetahuan dan keterampilannya.
5.         Terjadi perbaikan dan atau peningkatkan kinerja belajar dan kompetensi siswa
6.         Terjadi perbaikan dan atau peningkatan kualitas proses pembelajaran dikelas
7.         Terjadi perbaikan dan atau peningkatan kualitas penggunaan media, alat bantu belajar dan sumber belajar lainnya
8.         Terjadi perbaikan dan atau peningkatan prosedur dan alat evaluasi yang digunakan untuk mengukur proses han hasil belajar siswa
9.         Terjadi perbaikan dan atau pengembangan pribadi siswa di sekolah
10.     Terjadi perbaikan da atau peningkatan kualitas penerapan kurikulum
Selain manfaat di atas, PTK juga memiliki manfaat khusus, antara lain :
1.         Menumbuhkan kebiasaan menulis
Dengan melakukan PTK, guru menjadi terbiasa menulis, dan snagat bak dampaknya terutama bila guru di sekolah negri atau PNS akan naik pangkat, kususnya dari gol IV/A ke IV/B, karena guru diharuskan menulis karya tulis. Begitu pun bagi guru sekolah swasta, PTK sangat penting untuk meningkatkan apresiasi dan profesionalisme guru dalam mengajar, apalagi dengan adanya program sertifikasi guru dari pemerintah
2.         Menumbuhkan budaya meneliti
Selain itu, PTK akan menumbuhkan budaya meneliti di kalangan guru yang merupakan dampak dari pelaksanaan tindakan secara keseluruhan yaitu label inovasi pendidikan karena para guru semakin memberdayakan untuk mengambil berbagai prakarsa profesional secara lebih mandiri. Sikap mandiri akan memicu lahirnya percaya diri untuk mencoba ha-hal baru yang diduga dapat memicu menuju perbaikan sistem pembelajaran. Sikap ingin selalu mencoba akan memicu peningkatan kinerja dan profesionalisme seorang guru secara berkesinambungan. Sehingga proses belajar sepanjang hayat terus terjadi pada dirinya.
3.         Menggali ide baru
Setiap hari guru menghadapi banyak masalah, seakan-akan masalh itu tidak ada habisnya. Oleh karena itu bila guru tidak dapat menemukan masalah untuk PTK sungguh ironis. Untuk itu kita harus mendapatkan khasanah ilmu pendidikan baru yang belum tergali.
4.         Melatih pemikiran ilmiah
Adanya masalah yang dirasakan sendiri oleh guru dalam pembelajarahn di kelasnya merupakan awal dimulainya PTK. Masalah tersebut dapat berupa masalah yang berhubungan dengan proses dan hasil belajar siswa yang tidak sesuai dengan harapan guru atau hal-hal lain yang berkaitan dengan prilaku mengajar guru dan perilaku belajar siswa.
5.         Mengembangkan keterampilan
Tujuan utama PTK adalah mengubah prilaku pengajaran guru, perilaku peserta didik di kelas, peningkatan atau perbaikan praktik pembelajaran kelas atau mengubah kerangka kerja pelaksanaan  kelas yang diajar oleh guru tersebut sehingga terjadi peningkatan layanan profesional guru dalam menangani proses belajar. Jadi PTK lazimnya dimaksudnkan untuk mengembangkan keterampilan atau pendekatan baru pembelajaran dan untuk memecahkan masalah dengan penerapan langsung di ruang kelas.
6.         Meningktakan kualitas pembelajaran kelas
PTK berfungsi sebagai alat untuk meningkatkan kkulaitas pembelajaran di kelas. Di ruangan kelas,menurt Cohen dan Manion ( 1980  : 211 ), PTK dapat berfungsi sebagai :
a.       Alat untuk mengatasi masalah-masalah yang di diagnosis dalam situasi pembelajaran di kelas
b.      Alat pelatihan jabatan, membekali guru dengan keterampilan dan metode baru serta mendorong timbulnya kesadaran diri, khususnya ,elalui pengajaran sejawat
c.       Alat untuk memasukkan pendekatan tambahan atau inovasi ( secara alami ) kedalam sistem yang ada
d.      Alat untuk eningklatkan komunikasi yang biasanya buruk antar guru dengan peneliti
e.       Alat untuk menyediakan alternatif bagi pendekatan yang subjektif, impresionistik terhadap pemecahan masalah kelas
f.       Alat untuk mengembangkan keterampilan guru yang bertolak dari kebutuhan untuk menanggulangi berbagai permasalahan pembelajaran aktual yang dihadapu kelasnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar