Satuan
Pendidikan : SDN
Mata Pelajaran :
Kelas / Semester : I / I
Tema :
lingkungan
Alokasi Waktu
I.
Standar kompetensi
IPA
2. mengenal cara memelihara lingkungan agar tetap sehat.
IPS
2. mendeksripsikan lingkungan rumah.
Bahasa Indonesia
4. Menulis permulaan dengan menjiplak, menebalkan, mencontoh
, melengkapi, dan meyalin.
II.
Kompetensi dasar.
2.1. Mengenal cara menjaga lingkungan agar tetap sehat.
2.2. Membedakan lingkungan tidak sehat dengan lingkungan tidak
sehat.
2.3. Menjelaskan lingkungan rumah sehat dan perilaku menjaga
kebersihan rumah.
4.5. Menyalin puisi anak sederhana dengan huruf lepas
III.
Indikator
1.
Mengidentifikasi lingkungan sehat.
2.
Mengidentifikasi lingkungan tidak sehat.
3.
Membedakan lingkungan sehat dengan tidak sehat
4.
Menyebutkan cara menjaga lingkungan.
5.
Menyebutkan contoh perilaku menjaga lingkungan.
6.
Menunjukkan sikap menjaga lingkungan.
7.
Menerapkan lingkungan sehat di rumah.
8.
Menyebutkan contoh menjaga lingkungan dirumah.
9.
Menunjukkan kemampuan menulis
10.
Menirukan menulis dengan huruf lepas
11.
Menyalin puisi anak sederhana dengan huruf
lepas.
2.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Dengan
mengamati gambar tentang lingkungan siswa dapat menceritakan gambar dengan
tepat,
2.
Berdasarkan
gambar lingkungan yang diamati siswa dapat mengetahui perbedaan lingkungan
sehat dengan lingkungan tidak sehat dengan tepat.
3.
Melalui
kegiatan tanya jawab siswa dapat menyebutkan ciri-ciri lingkungan sehat dengan
benar
4.
Melalui
kegiatan tanya jawab siswa dapat menyebutkan ciri-ciri lingkungan tidak sehat
dengan benar
5.
Berdasarkan
pengamatan di lingkungan di sekitarnya siswa dapat menyebutkan perbedaan
lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat dengan tepat.
6.
Setelah
mendengarkan cerita tentang keadaan lingkungan siswa dapat menjawab pertanyaan
yang berhubungan dengan cerita dengan tepat
7.
Berdasarkan
kegiatan tanya jawab siswa dapat menemukan permasalahan yang terdapat dalam
cerita yang telah dibacakan dengan benar.
8.
Setelah
menemukan permasalahan dalam cerita yang didengarnya siswa dapat memberikan tanggapan
tentang permasalahan tersebut dengan benar.
9.
setelah
mendengarkan tanggapan dari teman-temannya siswa dapat mengajukan saran tentang
cerita yang didengarnya dengan benar.
3.
MATERI
PEMBELAJARAN
Lingkungan Sehat dan Lingkungan Tidak Sehat
4.
METODE
PEMBELAJARAN
a.
Pendekatan : tematik
b.
Model : pembelajaran langsung
c.
Metode : ceramah, tanya jawab, peragaan, dan
penugasan
5.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan Awal (15 menit)
1)
Siswa
menyanyikan lagu “Naik-naik ke Puncak Gunung” sambil bertepuk tangan
2)
Guru
dan siswa bertanya jawab tentang isi lagu “Naik-naik ke Puncak Gunung”
misalnya; tentang keadaan udara di
gunung, dan keindahan di gunung.
3)
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
1)
Siswa
di minta mengamati gambar lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat
2)
Guru
dan siswa bertanya jawab tentang gambar yang diamati.
3)
Siswa
bertanya jawab tentang perbedaan lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat
berdasarkan gambar yang diamati
4)
Siswa
menyebutkan ciri-ciri lingkungan sehat berdasarkan gambar yang di amati
5)
Siswa
menyebutkan ciri-ciri lingkungan tidak sehat berdasarkan gambar yang di amati
6)
Siswa
mengamati lingkungan disekitarnya (halaman sekolah)
7)
Siswa
menceritakan keadaan lingkungan disekitarnya (halaman sekolah)
8)
Siswa
membandingkan keadaan lingkungan disekitarnya (halaman sekolah) dengan gambar
yang terpajang di depan kelas
9)
Siswa
mendengarkan cerita “Pengalaman Didi” yang dibacakan guru
10) Siswa menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan cerita
yang dibacakan guru
11) Siswa menceritakan kembali cerita yang telah dibacakan
guru dengan kalimat sendiri
12) Siswa menuliskan cerita yang telah dibacakan guru dengan
kalimat sendiri
13) Siswa menemukan permasalahan yang terdapat dalam cerita
14) Siswa menuliskan permasalahan yang ditemukan dalam cerita
15) Siswa memberikan tanggapan tentang permasalahan yang
ditemukan dalam cerita
16) Siswa membacakan tanggapan tentang permasalahan yang
ditemukan dalam cerita
17) Siswa memberikan saran tentang cerita yang dibacakan guru.
Kegiatan Akhir
1)
Guru
menyampaikan pesan moral agar membiasakan diri membuang sampah pada
tempatnya
2)
Siswa
membiasakan diri menjaga kebersihan lingkungan di sekitarnya
3)
Membiasakan
diri menyampaikan tanggapan dan saran dengan sopan tentang sebuah permasalahan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar